Memuat halaman...

Kamis, 09 Desember 2010

MASUK ANGIN ? ATASI DENGAN PIJATAN !

Sebab utama dari masuk angin adalah adanya serangan Penyebab Penyakit Luar yaitu angin dingin atau angin panas. Angin dingin bisa berasal dari AC mobil, AC ruangan, jendela yang dibuka pada malam hari. Mereka yang sering tidur dilantai bisa juga terserang angin dingin. Angin panas terjadi karena seseorang yang kurang baik kondisinya, melakukan pekerjaannya di siang hari, sehingga angin yang masuk disebut angin panas.
Sifat penyakit karena angin biasanya suka berpindah-pindah tempat bila terkena kepala menjadi pusing, bila ditangan terjadi rasa nyeri dan ngilu, bila diperut merasakan mual-mual kembung, bila dikaki menyebabkan otot-otot lemas dan loyo.



Gejala
1. Masuk angin karena angin dingin :
Demam, kedinginan, tidak bisa keluar keringat, sakit kepala, hidung tersumbat, sakit pada persendian, kadang-kadang disertai gatal tenggorokan dan batuk-batuk. Selaput lidah putih tipis, nadi mengambang tegang.

2. Masuk angin karena angin panas :
Demam, takut angin, berkeringat, kepala terasa bengka (menggelembung), haus, batuk kering dan pendek, tenggorokan seperti tersumbat dan nyeri. Selaput lidah kuning tipis, nadi mengambang cepat.

Cara pengobatannya :
1. Masuk angin karena angin dingin :
Untuk mengusir angin dingin dan menyembuhkan gejala luar, pijatan dengan rangsangan melemahkan berupa sebanyak 50 -60 kali pijatan (berlawanan arah jarum jam) pada titik-titik di meridian yang mudah masuknya angin dan menyebabkan sakit.

- Fung Fu : 1 cun (1 ibu jari) diatas batas rambut di garis tengah badan bagian belakang.
- He Ku      : di puncak otot antara tulang jari jempol tangan dan tulang jari telunjuk.
- Fong Ce : 1 cun (1 ibu jari) di atas batas rambut belakang kepala di lekukan kiri kanan tulang leher. Berfungsi untuk menyembuhkan sakit kepala dengan mengusir angin dan menyembuhkan gejala luar.
- Liek Ciek : 1,5 cun (2 jari) dari pergelangan tangan sebaris jari jempol, berfungsi menyembuhkan rasa tak enak di kepala dan leher serta hidung tersumbat.
- Fu Liu    : 2 cun (3 jari) diatas mata kaki bagian dalam, berfungsi untuk mengatasi keringat.
- Tay Yang : terletak diantara ujung alis luar dan tulang mata dan Yin Siang (II 20) yang terletak di tepi cuping hidung adalah titik lokal untuk menyembuhkan serangan angin di daerah kepala dan muka.

2. Masuk angin karena angin panas :
Untuk mengusir angin panas, pijat titik-titik di meridian yang mudah kemasukan angin , dan pijat titik-titik tersebut sebanyak 30-40 kali searah jarum jam.
- Ta Cui    : ujung tulang leher ke tujuh, yang merupakan titik pertemuan meridian Yang.
- Fong Ce: 1 cun (1 ibu jari) di atas batas rambut belakang kepala di lekukan kiri kanan tulang leher. Berfungsi untuk menyembuhkan sakit kepala dengan mengusir angin dan menyembuhkan gejala luar.
- He Ku    : di puncak otot antara tulang jari jempol tangan dan tulang jari telunjuk.
- Wai Kuan: 2 cun (3 jari) di atas pergelangan tangan segaris dengan jari tengah, berfungsi untuk mengusir angin dan panas.
Demikian saran kami semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 komentar:

  1. infonya sangat bermanfaat ,ya walaupun kurang ngerti untuk cara pemijatan nya . coba di sertai arahan gambarnya pasti lebih mudah di mengerti.

    BalasHapus

 
terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa mampir lagi ea... ;)

abp kep. blitar.